Pages

Sunday, June 2, 2019

Info BMKG - Prakiraan Hilal saat Matahari Terbenam 3 dan 4 Juni 2019, Penentu 1 Syawal 1440 H

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi tentang prakiraan hilal saat matahari terbenam pada 3 dan 4 Juni 2019.

Informasi tersebut diberikan BMKG dalam rangka adanya pengamatan hilal dalam menentukan 1 Syawal 1440 H atau jatuhnya Hari raya Idul Fitri.

Mengutip Wikipedia, Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Mengutip laman BMKG, Keteraturan revolusi Bulan, dan revolusi Bumi memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu.

Satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi atau revolusi Bulan.

Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Baca: LIVE Streaming Sidang Isbat Lebaran Sore Ini, Lengkap dengan Link TV & Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

Baca: Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H Digelar Senin Petang, Lengkap Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

BMKG sebagai institusi pemerintah salah satu tupoksinya adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah.

Untuk itu, BMKG menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin dan Selasa, tanggal 3 dan 4 Juni 2019 M sebagai penentu awal bulan Syawal 1440 H.

Berikut adalah kesimpulan informasi yang diberikan BMKG terkait Prakiraan Hilal saat Matahari Terbenam 3 dan 4 Juni 2019, Penentu 1 Syawal 1440 H.

1. Waktu Konjungsi (Ijtima’) dan Terbenam Matahari

(BMKG)
(BMKG)

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/06/03/info-bmkg-prakiraan-hilal-saat-matahari-terbenam-3-dan-4-juni-2019-penentu-1-syawal-1440-h

No comments:

Post a Comment