Pages

Saturday, January 5, 2019

BKSDA Kerahkan Pawang Asal Meulaboh Usir Harimau dari Kawasan Permukiman Penduduk Kluet Timur

TRIBUNNEWS.COM, TAPAKTUAN - Pawang dari Meulaboh, Aceh Barat, Sarwani Sabi (70) diturunkan untuk mengusir harimau dari kawasan permukiman penduduk di Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan.

Pengusiran harimau melibatkan pawang ini terpaksa dilakukan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan bersama masyarakat dan Muspika Kluet Timur, karena penampakan satwa dilindungi tersebut di permukiman penduduk makin sering.

Camat Kluet Timur, Moeriadi SE mengatakan, berdasarkan laporan warga, sejak beberapa pekan terakhir, penampakan kawanan harimau (dua pasang) hampir tiap malam.

"Sehingga masyarakat makin tidak nyaman dalam beraktivitas," kata Moeriadi melalui sambungan telepon seluler, Jumat (4/1/2019) malam.

Dia menjelaskan, pawang harimau yang secara khusus didatangkan dari Meulaboh tersebut telah tiba di Paya Dapur, ibu kota Kecamatan Kluet Timur, Jumat sore.

Baca: Pengendara Ojol Penabrak Kapolda Sumsel Menyerahkan Diri, Saya Kabur karena Tak Tahu itu Kapolda

"Begitu tiba, langkah pengusiran harimau langsung dilaksanakan sore itu juga yang berlanjut hingga malam hari, dengan cara menggelar doa bersama yang dipimpin langsung Pawang Sarwani Sabi," sebutnya.

Langkah pengusiran dilakukan di beberapa titik yaitu lokasi tempat penampakan harimau oleh masyarakat.

Titik itu masing-masing di Gampong Lawe Buloh Didi, Lawe Cimanok, dan Lawe Sawah.

"Warga setempat sangat berharap keberadaan kawanan harimau yang kerap muncul di dekat permukiman penduduk segera dapat dihalau ke hutan belantara," ujarnya.

Sebab, sejak kawanan harimau muncul kembali di kawasan kaki gunung dekat permukiman penduduk, kenyamanan warga dalam mencari nafkah sangat terganggu.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/06/bksda-kerahkan-pawang-asal-meulaboh-usir-harimau-dari-kawasan-permukiman-penduduk-kluet-timur

No comments:

Post a Comment