Pages

Sunday, June 2, 2019

Sore Ini Pemerintah Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H, Muhammadiyah Sudah Ada Penetapan

Senin (3/6/2019) hari ini, pemerintah akan gelar sidang isbat penentuan 1 Syawal 1440 H. PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada 5 Juni 2019.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri 1440 H pada Senin (3/6/2019) hari ini.

Rencananya, sidang isbat penentuan 1 Syawal 1440 H akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin juga dijadwalkan memimpin secara langsung sidang isbat penentuan 1 Syawal 1440 H.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta mengatakan, sidang isbat akan dihadiri para duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca: Ketika Cucu Rasulullah SAW, Hasan dan Husain Tak Punya Baju Lebaran

Serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB).

Juga ada dari Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan Qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menjelaskan, sidang isbat diawali dengan pemaparan mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi.

"Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/06/03/sore-ini-pemerintah-gelar-sidang-isbat-penentuan-1-syawal-1440-h-muhammadiyah-sudah-ada-penetapan

No comments:

Post a Comment