Pages

Saturday, January 5, 2019

Para Orang Tua di Bali Diimbau Waspadai Tawaran Kerja Gaji Tinggi pada Anak-anak

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Komisioner Divisi Advokasi dan Hukum, Komisi Penyelenggara Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Bali, Ni Luh Gede Yastini mengimbau komponen masyarakat untuk waspada terhadap kejahatan human trafficking (perdagangan manusia) dan yang sejenisnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar para petugas yang mengurus administrasi dokumen ketenagakerjaan di Bali untuk tidak membuat kekeliruan.

"Bali sekarang banyak jadi penerima dan tempat transit kasus-kasus human trafficking. Tapi bisa juga Bali jadi pengirim. Karena banyak juga yang ingin bekerja di luar. Bukan hanya dalam arti ke luar negeri, tapi di berbagai tempat di Indonesia di luar Bali," jelas Yastini ketika dihubungi Tribun Bali, Sabtu (5/1/2019).

"Aparat kita harus waspada. Karena anak-anak gak bisa, misalkan ke luar negeri dengan umur yang masih di bawah ketentuan untuk bekerja. Jadi di situ bisa dimanfaatkan oleh oknum untuk memanipulasi usia, dari yang sesungguhnya masih di bawah umur diubah menjadi berumur 22 hingga 25 tahun misalnya," terang Yastini.

Pada titik ini, kata Yastini, agak sulit untuk membongkar kasus trafficking kecuali ada laporan.

Ia pun pernah mendapat informasi, ada seorang anak di bawah umur di Bali, yang dipekerjakan dalam lingkaran pelaku trafficking.

Namun di beberapa tempat yang sudah dicurigai, tiba-tiba tidak ada korbannya saat diperiksa.

"Ada itu, seorang anak yang berasal dari salah satu kabupaten di Bali dipekerjakan. Tapi beberapa kali kita lakukan penyelidikan, masih belum ditemukan. Pernah, beberapa tempat kita sudah curigai. Tapi pas ke sana tiba-tiba gak ada anak yang dimaksud. Hilang, jadi susah sekali gitu. Itu terjadi seperti di tempat spa," tutur Yastini.

Baca: Dijanjikan Bekerja di Bali dengan Gaji Rp 5 Juta, Ternyata Dijual Tarifnya Rp 250 Ribu Per Jam

"Jangan sampai misalnya ada oknum pengurus administrasi kependudukan atau ketenagakerjaan melakukan manipulasi umur. Biasanya ini dimanfaatkan sebagai celah oleh kelompok atau jaringan trafficking," imbuhnya.

Terhadap masyarakat, khususnya orang tua, Yastini menganjurkan agar mencari tahu lebih dalam jika ada tawaran pekerjaan dengan gaji menggiurkan kepada anak-anak mereka.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/06/para-orang-tua-di-bali-diimbau-waspadai-tawaran-kerja-gaji-tinggi-pada-anak-anak

No comments:

Post a Comment