Pages

Sunday, January 6, 2019

Ray Rangkuti Sayangkan Sikap KPU Terlalu Akomodatif Keinginan Peserta Pilpres

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerhati pemilu, Ray Rangkuti menyayangkan sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlalu mendengar keinginan peserta pilpres 2019.

Tentu saja sikap ini bukan sesuatu yang buruk. Tapi jika segala hal harus disesuaikan dengan keinginan dua pasangan capres, malah posisi KPU terlihat lemah, ambigu dan tidak punya sikap dalam menghadapi keduanya. 

"Sejatinya, KPU sendiri punya desain dan pikiran yang bisa ditawarkan kepada kedua pasangan dan bahkan pada tingkat tertentu memastikan posisi KPU dalam titik tertentu tidak berubah," ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Minggu (6/1/2019).

Paling tidak sikap itu tercermin selama satu Minggu ini dalam tiga keputusan KPU yang membuat dahi mengernyit. Pertama, Keputusan tidak memfasilitasi penyampaian visi-misi capres.

Hal ini diputuskan setelah tidak ditemukan titik temu antara model penyampaian dari kedua pasangan capres. KPU akhirnya memutuskan tidak melakukan fasilitasi. 

Kedua, mengeluarkan ICW sebagai panelis debat sesi pertama. Hampir tidak ada penolakan terhadap posisi ICW sebagai panelis.

Baca: Panelis dan Modertor Berperan Sajikan Debat Capres Berkualitas

Alih-alih terdengar penolakan, yang muncul adalah dukungan bahwa kandidasi ICW sebagai salah satu panelis untuk tema korupsi adalah pilihan yang tepat. Tapi, karena alasan ditarik sendiri oleh pengusul, KPU akhirnya mencoret ICW sebagai salah satu panelis. 

Ketiga, menyampaikan materi debat kepada dua pasangan capres sebelum debat dimulai. Sekalipun disebut bahwa materi debat tidak tunggal, tapi keseluruhan materi yang akan ditanyakan sudah terlebih dahulu diserahkan kepada pasangan capres.

Pada waktu debat, panelis akan menentukan satu dari lima bahan pertanyaan untuk ditanyakan moderator.  

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/06/ray-rangkuti-sayangkan-sikap-kpu-terlalu-akomodatif-keinginan-peserta-pilpres

No comments:

Post a Comment