Pages

Tuesday, October 2, 2018

BNPB Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas Dalam Radius 4 kilometer Dari Puncak Gunung Soputan

TRIBUNNEWS.COM, MINAHASA TENGGARA - Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara meletus pada Rabu (3/10/2018) pukul 08.47 WITA.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan melalui akun Twitter pribadinya bahwa tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 meter di atas permukaan laut.

PVMBG mencatat amplitudo maksimum 39mm dengan durasi sekitar 6 menit.

Hujan abu vulkanik tersebut mengarah ke barat dan barat laut.

Baca: Dua Pemain Timnas U-16 Indonesia Masuk Dalam 8 Nama Paling Mengesankan di Piala Asia

"Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit," kata Sutopo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Dilansir dari Kompas.com, hujan abu yang melanda kawasan tersebut tidak mengganggu penerbangan Bandara Internasional Sam Ratulangi Kota Manado.

Lantaran posisi bandara berada di Tenggara Gunung Soputan.

Baca: Mario Gomez Minta Suporter Persib Hentikan Nyianyian Berbau Rasis

BPBD saat ini masih lakukan pemantauan dan belum ada laporan dari dampak Gunung Soputan.

Saat ini, Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga).

Sutopo mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/03/bnpb-imbau-masyarakat-tidak-beraktivitas-dalam-radius-4-kilometer-dari-puncak-gunung-soputan

No comments:

Post a Comment