Pages

Saturday, October 6, 2018

Tiga Pesawat Militer AS Mendarat di Balikpapan, Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Palu

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Dari Hanggar C Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Sabtu (6/10/2018) kemarin dikabarkan tiga pesawat militer angkatan udara Amerika Serikat (AS) diketahui telah mendarat di Balikpapan.

Selain Amerika, Ukraina dan Swiss juga telah menapakkan ban pesawatnya di bumi Indonesia.

Selain membawa personel militernya, pesawat asing tersebut juga membawa bantuan logistik kemanusiaan untuk bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk diketahui, sejak Jumat (5/10/2018) sudah 10 pesawat militer negara asing mendarat di Balikpapan.

Usai terlebih dahulu Singapura, India dan Malaysia mendaratkan pesawat pengangkut bantuan kemanusiaan negara mereka. Menyusul pesawat Jepang, New Zealand, Australia dan Inggris tiba di Balikpapan.

Jepang, New Zealand dan Inggris mendaratkan masing-masing 1 pesawat angkutan di Hanggar C Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Sementara Australia mendaratkan dua unit pesawat mengangkut bantuan kemanusiaan negeri Kangguru tersebut.

Danlanud Balikpapan Kolonel pnb Muhammad Mujib mengatakan, hingga saat ini bantuan kemanusiaan berupa logistik yang ditampung pihaknya mencapai 142,5 ton.

Untuk logistik yang sudah kita distribusikan dari Balikpapan ke Palu sekitar 123 ton. Yang sudah dikirim ke Palu termasuk bantuan logistik dalam negeri.

Terkait bantaun pihak asing ini, Kepala Bagian Kerjasama Internasional BNPB, Afrial Rosya, menegaskan Indonesia tak butuh bantuan obat-obatan. "Perlu disampaikan Indonesia tak menerima bantuan obat medis.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/10/07/tiga-pesawat-militer-as-mendarat-di-balikpapan-kirim-bantuan-untuk-korban-gempa-palu

No comments:

Post a Comment