Pages

Sunday, November 4, 2018

Fdr Kotak Hitam Pesawat Lion Air Berhasil Diunduh Komite Nasional Keselamatan Transportasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, mengatakan flight data recorder (fdr) dari kotak hitam pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT 610 telah berhasil diunduh.

Hasil unduhan kotak hitam tersebut berisi data penerbangan pesawat selama 69 jam terakhir, yang terdiri dari 19 penerbangan.

Satu di antaranya adalah data penerbangan terakhir sebelum pesawat jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

"Black box berisi 69 jam perjalanan dari setelah kejadian kecelakaan. Berisi 19 penerbangan dan parameternya ada," ujar Soerjanto Tjahjono dalam konferensi pers pada Senin (5/11/2018).

Proses unduh data kotak hitam, dibantu oleh National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat, Transport Safety Investigation Biro Singapura dan Australian Transport Safety Biro.

Setelah kotak hitam diunduh, Soerjanto Tjahjono menjelaskan pihaknya akan mengumpulkan data terkait dari Airnav Indonesia untuk keperluan penyelidikan.

"Semua data yang bisa mendukung untuk lakukan investigasi, kami tidak ada masalah. Sepanjang untuk tujuan keselamatan," ujar Soerjanto Tjahjono.

Fdr pesawat Lion Air baru ditemukan pada Kamis (1/11/2018) pukul 09.31 WIB di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Fdr pesawat Lion Air itu ditemukan oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut di kedalaman 25-35 meter di perairan Tanjung Karawang. Selanjutnya, kotak hitam diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi untuk melakukan investigasi penyebab jatuhnya pesawat.

Sedangkan hingga kini, tim evakuasi dari Basarnas, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, TNI, Polri, dan relawan masih mencari kotak hitam cockpit voice recorder (vcr), yang berisi percakapan pilot pesawat Lion Air.

"Proses masih terus berlangsung termasuk vcr, rekaman suara antara kapten, ko-pilot. Suara yang terjadi dan suara komunikasi kokpit dengan kabin," sambung Soerjanto Tjahjono.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul KNKT: FDR Lion Air PK-LQP Berisi Data Penerbangan 69 Jam Terakhir 

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/05/fdr-kotak-hitam-pesawat-lion-air-berhasil-diunduh-komite-nasional-keselamatan-transportasi

No comments:

Post a Comment