Pages

Thursday, December 6, 2018

PSI Usul Korupsi Era Orba Masuk Materi Debat Capres, ini Kata Kubu Prabowo-Sandi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mempertanyakan usul Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengusulkan korupsi Orde Baru masuk dalam materi debat Capres-Cawapres Pemilu 2019.

Menurutnya bila ingin membicakan korupsi seharusnya tidak ada batasan waktu, karena korupsi sudah ada sejak zaman kolonial dan masih merajalela hingga sekarang ini.

"Kalau mau bicara korupsi kenapa mesti di era Orde Baru saja, dari zaman kemerdekaan saja sekalian kita bicara korupsi. Kenapa harus dibatas-batasi," ujar Andre, saat dihubungi, Jumat (7/12/2018).

Selain itu menurutnya pasaca reformasi praktik korupsi juga semakin merajalela. Seharusnya hal tersebut juga diperdebatkan oleh pasangan Capres-Cawapres.

"Kenapa zaman Pak Jokowi enggak dibahas, kader-kader partai pendukung Pak Jokowi kan banyak juga yang ditangkap KPK. Kenapa enggak kita bahas. Kenapa hanya Orde Baru saja," katanya.

Andre mengatakan apabila ingin memperdebatkan korupsi, sebaiknya dilakukan secara komprehensif. Mulai dari hulu sampai hilir dan tidak ada batasan waktu. Sehingga, tujuan debat untuk mencari akar permasalahan dan menemukan solusinya dapat dilakukan.

"Harusnya seperti itu, jangan merasa bersih," pungkasnya.

‎Sebelumnya, sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan momentum peringatan hari antikorupsi sedunia yang jatuh 9 Desember nanti jadi semangat untuk membuka diskursus 'korupsi stadium 4' yang dipidatokan capres 02 Prabowo Subianto di mata asing.

"Diskursus itu nantinya bisa jadi usulan buat Komisi Pemilihan Umum agar 'korupsi orde baru' masuk dalam materi debat capres-cawapres," ujar Antoni melalui keterangan tertulisnya, Selasa (4/12/2018).

Sebab, menurut Antoni, usulan itu jauh lebih mendidik masyarakat secara politik, daripada berkila bahwa Soeharto bukan simbol Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme atau Soeharto bukan guru korupsi.

"Saya dan mungkin mas Basarah akan siap jika diajak berdebat tentang 'warisan orde' yang dipuja-puji kubu pak Prabowo-Sandi daripada kita menjadi 'dokter' yang menyalahkan data KPK tentang korupsi orde baru," tutur Antoni.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/07/psi-usul-korupsi-era-orba-masuk-materi-debat-capres-ini-kata-kubu-prabowo-sandi

No comments:

Post a Comment