Pages

Saturday, January 5, 2019

Lampaui Target, BPN Ponorogo Terbitkan 54.000 Sertifikat Tanah di 2018

Kerja Keras BPN Penuhi Target Penerbitan Sertifikat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di acara kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat, (4/1/2019), Presiden Joko Widodo menyerahkan 2.500 sertifikat kepada masyarakat setempat untuk lahan seluas 2.012.142 meter persegi di enam kecamatan.

Saat sambutan, Presiden meminta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) merampungkan target penerbitan bagi 80 juta bidang tanah yang belum bersertifikat. Kepala Negara juga ingin agar masyarakat dapat segera memiliki sertifikat sebagai tanda bukti hak atas tanah yang dimiliki.

"Tadi Pak Menteri sampaikan di Ponorogo ini akan selesai di 2023. Yang janji Pak Menteri bukan saya. Pak Menteri itu nanti juga ngomong ke kantor BPN di bawahnya," ujarnya di alun-alun Ponorogo.

"Sejumlah target sebelumnya memang telah ditetapkan Presiden untuk mengejar hal itu. Bahkan, pada tahun awal pelaksanaan program, Kepala Negara langsung melipatgandakan output tahunan BPN hingga 10 kali lipat dari biasanya, yakni 5 juta sertifikat per tahun," sebut Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews, Sabtu (5/1/2019).

Bey menyatakan pihaknya mencari tahu bagaimana cara kantor BPN mengupayakan hal itu. Sebelum acara berlangsung, BPMI menemui Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo, Sugeng Muliosantoso, di lokasi acara.

"Yang jelas kaget. Sebelumnya enggak pernah kita dapat target sebanyak itu," sebut Sugeng soal target pertama yang ditetapkan Presiden.

Ponorogo memiliki luas wilayah sekitar 1.300 kilometer persegi terdiri dari 21 kecamatan dan 307 desa. BPN Ponorogo melakukan pelayanan pertanahan bagi 636.487 bidang tanah di wilayah ini.

Baca: Kisah Sukses Sayudi, Kaya Raya dari Membangun Jaringan Bisnis Warteg Kharisma Bahari

Sugeng mengatakan, BPN Kabupaten Ponorogo biasanya hanya menerbitkan 200 hingga 300 sertifikat per tahun. Tahun 2018 kemarin, daerahnya ditargetkan menerbitkan sertifikat untuk setidaknya 50.000 bidang tanah.

"Selama ini kita dapat paling 200-300 bidang. Tapi alhamdulillah dengan didukung SDM dan dukungan pemerintah daerah akhirnya bisa kita laksanakan," kata dia.

Baca: Huawei Hukum Dua Karyawannya yang Nge-twit Pakai iPhone

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/05/lampaui-target-bpn-ponorogo-terbitkan-54000-sertifikat-tanah-di-2018

No comments:

Post a Comment