Pages

Monday, June 3, 2019

Pertemuan Jokowi Dengan Prabowo Bukan Perihal Pengakuan Kalah Atau Menang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pengamat Politik Ray Rangkuti menyambut baik rencana pertemuan antara calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto, setelah Lebaran Idul Fitri.

"Tentu saja rencana pertemuan itu sudah selayaknya didukung. Mengingat suasana panas paska pilpres juga masih terus terasa.

Menurut Ray Rangkuti, Jokowi dan Prabowo tidak perlu menunda terlalu lama untuk bertemu.

Justru saat-saat seperti inilah, menjelang atau Lebaran Idul Fitri, pertemuan memiliki makna lebih.

Selain untuk mendinginkan suasana, dia menilai, pertemuan Jokowi dengan Prabowo juga akan memberi contoh bagaimana mestinya politik dikelola.

"Saat kompetisi bisa begitu ketat. Tapi sesudahnya kembali bisa berangkulan. Pertemuan keduanya tak perlu dipandang sebagai pengakuan kalah atau menang," tegas Ray Rangkuti.

Dia menjelaskan lebih lanjut, Jokowi dan Prabowo harus dapat mendudukan bahwa pertemuan tersebut semata hanya silaturrahmi bangsa.

"Dan dengan begitu, pertemuan itu tidak berarti pengakuan soal kalah atau menang," ucapnya.

Baca: Suasana Haru Saat Prabowo Menyampaikan Bela Sungkawa kepada SBY

Jika semua pihak dapat menempatkan posisi pertemuan itu bukan sebagai pengakuan kalah atau menang, maka itu akan dapat membantu mempercepat jadwal pertemuan itu.

"Dalam bulan Syawal seharusnya sudah bisa direalisasikan. Kesulitan merealisasilan pertemuan itu, khususnya bagi kubu Prabowo, melihat itu sebagai pengakuan kekalahan," paparnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/06/03/pertemuan-jokowi-dengan-prabowo-bukan-perihal-pengakuan-kalah-atau-menang

No comments:

Post a Comment