Pages

Saturday, July 6, 2019

Masa Pensiun Tiba, Tak Berarti Bisa Berleha-leha

TRIBUNNEWS.COM - Saat memasuki usia pensiun, Anda wajib mengatur kembali anggaran keuangan bulanan. Sebaiknya Anda memprioritaskan biaya kewajiban dan kebutuhan dalam anggaran keuangan yang baru agar tidak sampai pusing membayar semua tagihan.

Masa pensiun adalah fase baru kehidupan, bukanlah akhir dari kehidupan Anda.

Rutinitas kehidupan sebagai seorang pensiunan akan berubah dari sebelumnya pergi bekerja setiap hari, sekarang Anda tidak perlu lagi ngantor saban hari.

Sebelumnya, Anda selalu sibukkan dengan jadwal rapat yang mengikat, kini tidak mempunyai jadwal pertemuan dengan rekanan atau tim kantor.

Sebagian masyarakat memimpikan bisa membeli barang mewah dan sering berlibur saat pensiun karena berharap menerima dana pensiun bernilai besar. Apalagi mereka membayangkan waktu luang tak terganggu oleh rutinitas kerja.

Padahal, kenyataannya tidak selalu seindah bayangan itu.

Widya Yuliarti, seorang perencana keuangan, mengatakan bahwa mereka yang mendapatkan dana pensiun sekaligus justru harus lebih cermat mengolah uang pensiunnya.

"Sebaiknya tidak menggunakan dana pensiun untuk membeli barang konsumtif," katanya kepada Kontan.co.id. Ingat, memasuki masa pensiun berarti Anda tidak lagi bekerja.

Halaman Selanjutnya

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2019/07/07/masa-pensiun-tiba-tak-berarti-bisa-berleha-leha

No comments:

Post a Comment