Pages

Tuesday, November 6, 2018

Istana Gandeng IPB Rawat Pohon dan Hewan ‎di Lingkungan Istana Kepresidenan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Istana Kepresidenan menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk pemeliharaan pohon dan hewan yang berada dilingkungan Istana Kepresidenan.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan dua memorandum of understanding (MoU).

Pertama, MoU antara Kepala Sekretariat Presiden‎ dengan Rektor IPB.

Kedua, penandatanganan MoU Kepala Istana Kepresidenan Cipanas dan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Baca: Ace Hasan Syadzily Sebut Bergabungnya Yusril Akan Memperkuat Jokowi-Maruf Menangkan Pilpres 2019

‎Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setia Utama, mengatakan, IPB memiliki keilmuan yang tepat serta para ahli yang dapat membantu dalam memelihara hewan yang dimiliki Istana seperti kuda ataupun rusa.

"Bapak Presiden juga memelihara domba dan juga katak, saya enggak hafal, apa perlu treatment khusus untuk katak, saya enggak tahu, tapi alangkah baiknya kalau juga kita pelihara dengan keilmuan yang dimiliki bapak-ibu dari IPB," tutur Setia di Wisma Negara, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Baca: Menginap di Yogyakarta, Mariah Carey Pilih Kamar yang Pernah di Tempati Barrack Obama

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menuturkan, dilingkungan Sekretariat Negara memiliki beberapa Istana Kepresidenan dan tentunya terdapat barang-barang milik negara yang perlu dirawat secara bersama.

"Ini tidak bisa kami lakukan sendiri dan saya sangat bangga, ke depan dalam nenata atau merawat barang milik negara, baik itu bergerak maupun tidak, terutama Istana-Istana Kepresidenan," ujar Heru di tempat yang sama.

Menurut Heru,‎ di dalam Istana Kepresidenan terdapat hewan seperti kuda, rusa, ‎dan lainnya yang perlu dirawat atau istilahnya turut diternakkan.

"Tentunya kami terbuka apabila jajaran mahasiswa IPB ingin menggunakan fasilitas Sekretariat Negara dan ini menjadi kewajiban kami untuk membantu siswa-siswa supaya bisa melihat langsung, bisa menggunakan untuk uji coba, bisa menggunakan fasilitas kami untuk kegiatan-kegiatan pembelajaran di ITB," papar Heru.

Baca: Fahri Hamzah Puji Pemagang Indonesia di Jepang, Pulang Jadi Entrepreuner

Sementara itu, Rektor IPB Arif Satria menuturkan, kerjasama ini sangat baik untuk bisa memobilisasi sumber daya yang dimiliki masing-masing untuk menjaga dan merawat barang-barang yang ada di Istana Kepresidenan‎.

‎"Kita punya kompetensi dalam bidang satwa, rusa, kuda, ayam hias dan berbagai satwa lain," ujar Arif.

Menurut Arif, IPB juga memiliki kompetensi dalam mengukur dan mendiagnosis kondisi pohon-pohon yang berada di lingkungan Istana Kepresidenan.

‎"Kami punya alat mendeteksi pohon, isinya apa, kekuatannya sejauh mana, sehingga itu bisa sebagai langkah kita untuk mengantisipasi ketika terjadi angin, supaya tidak tumbang dan sebagainya," kata Arif.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/06/istana-gandeng-ipb-rawat-pohon-dan-hewan-di-lingkungan-istana-kepresidenan

No comments:

Post a Comment